Minggu, 17 Januari 2021

Bentuk Tanggung Jawab Sosial perusahaan yang Ada di Indonesia

    Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Salah satu cara perusahaan dalam membangun reputasi serta image bisa dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Berikut beberapa Tanggung Jawab Sosial yang ada di Indonesia : 

 1. Tanggung Jawab Sosial Kepada Konsumen, perusahaan diharuskan menghasilkan produk atau jasa yang memiliki banyak manfaat kepada masyarakat. 

 2. Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan, perusahaan wajib memberikan rasa aman dan nyaman kepada karyawannya serta memperlakukan karyawan dengan adil. Dan juga perusahaan memberikan kesempatan dan fasilitas untuk pengembangan diri karyawan.  

 3. Tanggung Jawab Sosial Kepada Kreator, misalnya pada saat perusahaan harus menyelesaikan kewajiban / utangnya namun ia sedang memiliki masalah keuangan maka perusahaan wajib memberitahukan kepada kreator.
 
 4. Tanggung Jawab Kepada Pemegang Saham, dalam operasionalnya perusahaan harus memastikan keputusan yang di ambil juga untuk kepentingan pemegang saham. 

5. Tanggung Jawab Sosial Kepada Lingkungan, misal dengan tidak membuang limbah sembarangan, mencegah polusi di sekitar usaha, mencegah penggunaan bahan berbahaya. 

6. Tanggung Jawab Sosial Kepada Komunitas, tanggung jawab ini dapat dilakukan dengan cara memberikan corporate social atau cara CSR. Memberikan bantuan seperti sarana prasarana, pendidikan, kesehatan, atau hal lain yang dibutuhkan masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Perilaku Konsumen

Nama : Allin Vely Phasa I. NPM : 10120158 Kelas : C6  1. Definisi Perilaku Konsumen    Pada hakikatnya, perilaku merupakan tindakan nyata se...