Sabtu, 23 Januari 2021

Macam-macam Emosi Menurut Para Ahli

Secara garis besarnya emosi digolongkan menjadi dua golongan yaitu emosi positif dan emosi negative. Emosi positif seperti bahagia, senang, gembira, dan cinta. Sedangkan emosi negatif seperti takut, marah, sedih, dan cemas.

Menurut Heider (1990), emosi sesih, marah, gembira, dan kaget mendekati kesamaan universal, tetapi emosi cinta, takut, jijik, dan muak lebih bersifat khusus dan tergantung budaya.

Menurut Ekman (1972), emosi dapat digolongkan menjadi enam, yaitu marah, muak, takut, bahagia, sedih dan kaget. Dalam perkebanganselanjutnya Ekman (1999) menggolongkan emosi menjadi tujuh belas macam, yaitu: girang, marah, jijik, suka, muak, memalukan, senang, yakut, merasa bersalah, bahagia, bangga, lega, sedih, puas, senang, puas, malu, dan kaget.

Sylvan Tomkins menggolongkan emosi cukup sederhana. Sylvan menggolongkan emosi menjadi delapan golongan yaitu senang, gembira, kaget, marah, jijik, sedih, khawatir, dan malu. The Li Chi menggolongkan emosi yang lebih rinci dikemukakan oleh prinz (2004). Mengemukakan emosi menjadi Sembilan golongan yaitu kecewa, panic, cemas, jijik (fisik), menderita, enggan puas, rangsangan, dan kasih sayang.

Meskipun berbeda-beda pendapat para ahli tentang penggolongan emosi, tetapi ada beberapa persamaan bentuk-bentuk emosi yaitu senang, bahagia, jijik, sedih dan takut. Perbedaan terletak pada emosi yang lebih khusus sperti kaget dan merasa bersalah.

Lovheim (2011) mengusulkan hubungan langsung antara kombinasi spesifik dari tingkat sinyal zat noradrenalin, dopamine, serotonin dengan delapan emosi dasar. Sebuah model kubus tiga dimensi Lovheim tentang emosi, di man zat sinyal membentuk sumbu system koordinat, dan delapan emosi dasar menurut Tomkins Sylvan ditempatkan di delapan sudut. Menurut model ini kemarahan misalnya, yang dihasilkan oleh kombinasi serotonin rendah, dopamine tinggi, dan noradrenalin yang tinggi. Lovheim mengatakan bahwa selama tidak ada serotonin maupun sumbu dopamine identik dengan dimensi “keenakan” dalam teori-teori sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Perilaku Konsumen

Nama : Allin Vely Phasa I. NPM : 10120158 Kelas : C6  1. Definisi Perilaku Konsumen    Pada hakikatnya, perilaku merupakan tindakan nyata se...